Pages

Kamis, 09 Oktober 2014

Etika Penulisan Di Internet


Media internet adalah dunia kedua untuk melakukan aktifitas yang tidak memungkinkan kita untuk berada lebih dari satu tempat sekaligus. Internet adalah sarana untuk melakukan berbagai kegiatan atau aktifitas seperti yang kita lakukan di dunia nyata. Dan keduanya memiliki kesamaan oleh karena itu harus adanya etika dalam kehidupan kedua dunia tersebut.
Dalam melakukan segala hal harus memiliki etika, Sebelum kita membahas etika menulis di internet alangkah baiknya kita tau apa itu etika, Etika adalah Ilmu yang membahas perbuatan baik dan perbuatan buruk manusia sejauh yang dapat dipahami oleh pikiran manusia. Jadi etika itu sangat penting dalam komuikasi antar manusia agar terciptanya suasana yang kondusif.
Tak hanya dalam kehidupan sehari hari , atau pada saat tatap mata langsung kita beretika, tapi pada saat kita di dalam  berselancar di internet atau menulis di internet perlu menjaga etika kita. Agar lebih tahu, apa saja yang harus di jaga saat bermain di dunia internet.adapu etika penulisa Perbuatan-perbuatan yang dilarang tersebut adalah sebagai berikut:
1.      Kutip Seperlunya
Ketika masyarakat ingin memberi tanggapan terhadap postingan seseorang dalam satu forum, maka sebaiknya kutiplah bagian terpentingnya saja yang merupakan inti dari hal yang ingin anda tanggapi dan buang bagian yang tidak perlu. Jangan sekali-kali mengutip seluruh isinya karena itu bisa membebani bandwith server yang bersangkutan dan bisa berakibat kecepatan akses ke forum tersebut menjadi terganggu.
2.       Perlakuan Terhadap Pesan Pribadi
Jika seseorang mengirim informasi atau gagasan kepada anda secara pribadi (private message), anda tidak sepatutnya mengirim/menjawabnya kembali ke dalam forum umum, kelompok grup, atau milis.
3.      Hati-hati Dalam Mem-forward
Tidak semua berita yang beredar di internet itu benar adanya. Seperti halnya spam, hoax juga merupakan musuh besar bagi para kebanyakan netter. Maka, sebelum anda 2 dari 9 mem-forward pastikanlah terlebih dahulu bahwa informasi yang ingin anda kirim itu adalah benar adanya. Jika tidak, maka anda dapat dianggap sebagai penyebar kebohongan yang akhirnya kepercayaan orang-orang di sekitar anda pun akan hilang.
4.      Jangan Gunakan Huruf Kapital
Karena penggunaan karakter huruf bisa dianalogikan dengan suasana hati si penulis. Huruf kapital mencerminkan penulis yang sedang emosi, marah atau berteriak. Tentu sangat tidak menyenangkan tatkala anda dihadapkan dengan lawan bicara yang penuh dengan emosi , Walau begitu, ada kalanya huruf kapital dapat digunakan untuk memberi penegasan maksud. Tapi yang harus dicatat, gunakanlah penegasan maksud ini secukupnya saja, satu-dua kata dan jangan sampai seluruh kalimat/paragraf. 
5.      Jangan Gunakan “CC”
Ketika mengirim e-mail ke sejumlah orang, jangan cantumkan nama-nama pada kolom “CC“. Jika anda melakukan hal itu –biasa disebut cross posting–, semua orang yang menerima e-mail anda, akan bisa melihat alamat-alamat e-mail orang lain. Umumnya orang tidak suka bila alamat e-mailnya dibeberkan di depan umum. Gunakanlah selalu “BCC“. Dengan cara ini setiap orang hanya bisa melihat alamat e-mailnya sendiri.

Etika Yang Harus Dipahami:
  •   Sopan santun dalam berbahasa
  •   Menggunakan bahasa yang sopan dan mudah di mengerti 
  •   Jujur dalam mencantumkan nama sumber
  •   Bertingkah laku yang baik
  •   Kalau anda menambahkan artikel  atau tulisan dari pihak lain di harapkan 
  •   menulis keterangan sumber/link
  •   Tidak melakukan plagiarisme atau yang sering disebut plagiat
  •   Tidak menyebarkan informasi/berita yang belum tentu benar
  •   Tidak mengandung SARA
  •   Tidak berbau pornografia
  •   Tidak mencemar kan nama baik seseorang
sumber: http://www.mail-archive.com/kuli-tinta@indoglobal.com/msg04857.html
            http://thelastmemoris.blogspot.sg/2013/10/etika-menulis-di-internet.html


0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll