ARSITEKTUR
KOMPUTER
Arsitektur
disini dapat didefinisikan sebagai gaya konstruksi dan organisasi dari
komponen-komponen sistem komputer. Walaupun elemen-elemen dasar komputer pada
hakekatnya sama atau hampir semuanya komputer digital, namun terdapat variasi
dalam konstruksinya yang merefleksikan cara penggunaan komputer yang berbeda.
Tingkatan Dalam Arsitektur Komputer
Ada
sejumlah tingkatan dalam konstruksi dan organisasi sistem komputer. Perbedaan
paling sederhana diantara tingkatan tersebut adalah perbedaan antara hardware
dan software.
1. Tingkatan
Dasar Arsitektur Komputer
Pada tingkatan ini Hardware sebagai tingkatan
komputer yang paling
bawah dan paling dasar, dimana pada hardware
ini “layer” software ditambahkan. Software tersebut berada di atas hardware,
menggunakannya dan mengontrolnya. Hardarwe ini mendukung software dengan
memberikan atau menyediakan operasi yang diperlukan software.
2.
Multilayerd
Machine
Tingkatan
dasar arsitektur komputer kemudian dikembangkan dengan memandang sistem
komputer keseluruhan sebagai “multilayered machine” yang terdiri dari beberapa
layer software di atas beberapa layer hardware.
Berikut tingkatan layer tersebut :
7.
|
Applications
Layer
|
||
6.
|
SOFTWARE
LEVEL
|
||
Higher Order Software Layer
|
|||
5.
|
|||
Operating System Layer
|
|||
4.
|
Machine Layer
|
||
3.
|
HARDWARE LEVEL
|
||
Microprogrammed Layer
|
|||
2.
|
|||
Digital Logic Layer
|
|||
1.
|
|||
Physical Device Layer
|
|||
Keterangan
:
1.
Physical Device Layer
Merupakan komponen
elektrik dan elektronik yang sangat penting
2.
Digital Logic Layer
Elemen pada tingkatan ini dapat menyimpan,memanipulasi, dan
mentransmisi data dalam bentuk represeotasi biner sederhana.
3.
Microprogrammed Layer
Menginterprestasikan instruksi bahasa mesin dari layer mesin dan
secaa langsung menyebabkan elemen logika digital menjalankan operasi yang
dikehendaki. Maka sebenarnya ia adalah prosesor inner yang sangat mendasar dan
dikendalikan oleh instruksi program kontrol
primitifnya sendiri yang disangga dalam ROM innernya sendiri. Instruksi program
ini disebut mikrokode dan program kontrolnya disebut mikroprogram.
4.
Machine
Layer
Adalah tingkatam
yang paling bawah dimana program dapat dituliskan dan memang hanya instruksi
bahasa mesin yang dapat diinterprestasikan secara langsung oleh hardware.
5.
Operating
System Layer
Mengontrol cara
yang dilakukan oleh semua software dalam menggunakan hardware yang mendasari
(underlying) dan juga menyembunyikan kompleksitas hardware dari software lain
dengan cara memberikan fasilitasnya sendiri yang memungkinkan software
menggunakan hardware tersebut secara lebih mudah.
6.
Higher
Order Software Layer
Mencakup semua
program dalam bahasa selain bahasa mesin yang memerlukan penerjemahan ke dalam
kode mesin sebelum mereka dapat dijalankan. Ketika diterjemahkan program
seperti itu akan mengandalkan pada fasilitas sistem operasi yang mendasari
maupun instruksi-instruksi mesin mereka sendiri.
7.
Applications
Layer
Adalah bahasa komputer seperti yang
dilihat oleh end-user.
II. Central
Processing Unit (CPU)
CPU atau satuan merupakan tempat
pemrosesan instruksi-instruksi program. Pada komputer mikro, processor ini
disebut microprocessor. CPU terdiri dari dua bagian utama, yaitu unit kendali (
control unit) dan unit
Aritmatika dan logika (arithmethic logic
unit). Disamping dua bagian utama tersebut, CPU mempunyai beberapa simpanan
yang berukuran kecil yang disebut register.
*Control Unit
Bagian ini bertugas
mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer.
Control unit mengatur kapan alat input menerima data dan kapan data diolah
serta kapan ditampilkan pada alat output. Control Unit mengartikan
instruksi-instruksi dari program komputer, membawa data dari alat input ke main
memory, mengambil data dari main memory untuk diolah. Bila ada instruksi untuk
perhitungan aritmatika atau perbandingan logika, control unit mengirim
instruksi tersebut ke aritmetic and logic unit. Hasil dari pengolahan data ini
dibawa oleh control unit ke main memory lagi untuk disimpan.
Jadi tugas dari control unit adalah :
1.
mengatur dan mengendalikan
alat-alat input dan output
2.
mengambil
instruksi-instruksi dari main memory
3.
mengambil data dari main
memory kalau diperlukan oleh proses
4.
mengirim
instruksi ke aritmaetic and logic unit bila perhitungan aritmatik atau
perbandingan logika serta mengawasi kerja aritmatik dan logika
5.
menyimpan hasil proses ke
main memory
Arithmetic And Logic Unit (ALU)
Tugas utama dari ALU
adalah melakukan semua perhitungan aritmatik atau matematika yang terjadi
sesuai dengan instruksi program. ALU melaukan operasi aritmatik dengan dasar
pertambahan, sedang operasi
aritmatik yang lainnya seperti pengurangan,
perkalian dan pembagian dilakukan dengan dasar penjumlahan. Sehingga sirkuit
elektronik di ALU yang digunakan untuk melaksanakan operasi aritmatik ini
disebut adder.
Tugas lain ALU adalah melakukan
keputusan dari operasi logika sesuai dengan instruksi program. Operasi logika
meliputi perbandingan dua buah elemen logika dengan menggunakan operator
logika, yaitu =, <>, <, >, <+, >=.
Jenis-
Jenis Processor
1. Mikroprosesor
8080
Prosesor ini
lahir pada tahun 1974, dengan75 instruksi, memori maksimum 64 Kbyte. Sistem
operasi yang digunakan adalah CP/M dari microsoft
2. Mikroprosesor
6800 dan 6502
Mikroprosesor ini
dirancang oleh Chuck Peddle yang dikeluarkan oleh Motorola. Komputer yang
menggunakan prosesor ini adalah APPLE I dan II, KIM-1 VIC, dan lain-lain.
3. Mikroprosesor
Z-80
Prosesor yang pertama kali menggunakan
RAM.
4. Mikroprosesor
8085
Prosesor ini
dikeluarkan oleh Zilog. Produk ini merupakan produk gagal karena kalah cepat
dengan Z-80.
5. Mikroprosesor
INTEL 8086/8088
Prosesor ini
berbasis 16 bit. Mempunyai dua mode kerja. Mode pertama disebut mode minimum,
dimana prosesor bekerja sendiri. Mode kedua disebut mode maksimum yang
memungkinkan terjadinya pemakaian
sumber: http://bachtera.com/campus/tugas/makalah-arsitektur-dan-organisasi-komputer.html
http://makulku.blogspot.sg/2012/06/contoh-makalah-arsitektur-komputer.html
sumber: http://bachtera.com/campus/tugas/makalah-arsitektur-dan-organisasi-komputer.html
http://makulku.blogspot.sg/2012/06/contoh-makalah-arsitektur-komputer.html
0 komentar:
Posting Komentar